Rabu, 05 September 2007

Pertanyaan & Jawaban

Berikut ini Hal-hal yang sering ditanyakan :

Dari mana kita tau kalau uangnya asli ..?

di jakarta ada DUBES iraq silahkan cek uangnya di sana atau di bank & money changer…, dan saya rasa tidak mungkin ada orang yang memalsukan uang dinar iraq spt ini, terlalu sulit untuk ditiru…. dan buat apa memalsu uang dinar iraq yang nilainya sedang hancur-hancurnya?..saya rasa lebih enak memalsukan US$ atau rupiah saja mata uang yang lebih gampang untuk jual beli barang,kalau dinar iraq mata uang siapa yang mau menerima uang itu kalau tidak untuk invest….”

Kalau sudah naik DINAR ini di tukarkan kemana ...?

”dinar hanya dapat di tukarkan di iraq atau negara2 yang mempunyai hub bilateral dengan iraq tepatnya di daerah timur tengah…seperti halnya rupiah apa kita bisa tukar di iraq/negara2 lain?..mungkin hanya di malaysia… begitu pula kita memegang mata uang iraq kalau menukarkan di negara yang memperdagangkan uang dinar iraq… Nb : saya rasa tiket , visa & sbgnya tidak ada artinya kalau nilai dinar ini naik berlipat…”

Kondisi IRAQ parah apa bisa naik mata uang nya ...?

”iraq adalah negara sangat kaya kita lihat negara-negara perang yang lain spt afganistan (Osama bin Landen) & Kuwait mata uangnya naik drastis setelah perang… dan banyak faktor lain yang mendukung

Dimanakah uang Dinar Iraq yang baru ini dicetak ...?

Dicetak di percetakan uang De la Rue Inggris, perusahaan security printer terbesar di dunia. Banyak negara-negara lain yang mencetak uangnya di sini.

Mengapa saat ini saya tidak dapat membeli New IQD melalui bank international atau Money hanger...?

Bank-bank internasional atau money changer belum dapat menyediakan New IQD, karena New IQD belum termasuk dalam mata uang yang diperdagangkan saat ini, dikarenakan nilai tukarnya yang masih lemah. Saat nanti tingkat nilai tukarnya telah menguat dan ditetapkan secara resmi, Anda akan dapat memperolehnya pada bank-bank internasional atau money changer

Mengapa saya tidak dapat membeli IQD dengan rate yang saat ini terdaftar pada Central Bank of Iraq...?

Karena nilai tukar tersebut hanya berlaku pada institusi atau nasabah bank setempat.Terdapat perbedaan harga yang mencolok antara harga jual nilai mata uang ini dengan harga resmi currency exchange. Mengapa harganya di MarkUp ? Jika Anda tahu resiko untuk mendapatkan uang ini dengan pergi ke Iraq, maka Anda akan memakluminya. Harga di Markup karena adanya pengorbanan resiko dari pihak supplier kami di Yordania untuk pergi ke Iraq, waktu, Bank Charges, bea kirim dan lain-lain. Bayangkan jika Anda harus pergi sendiri ke Yordania dan dilanjutkan jalan darat ke Iraq? Mau taruhan nyawa? Seperti yang Anda tahu saat ini kondisi di Iraq belum stabil.

Bagaimana saya dapat mengikuti nilai pertukaran dari New IQD...?

Anda dapat menemukannya pada keterangan perubahan nilai tukar mata uang pada situs resmi Bank Sentral Iraq (Central Bank of Iraq) di http://www.cbiraq.org/cbs6.htm atau di www.xe.com/ucc/


Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga tingkat nilai tukar yang resmi ditetapkan-meningkat misalnya pada posisi IQD1=US$1...?

Sebelumnya, semua pengamat ekonomi memperkirakan ini akan terjadi pada tahun 2006. Tetapi pada kenyataannya, itu tidak terjadi. Waktu yang dibutuhkan mungkin saja hanya satu hari, atau beberapa tahun lagi! Inilah mengapa kita perlu bersabar, dan dalam jangka waktu ini kita manfaatkan dengan membeli Dinar sebanyak mungkin!! karena jika sudah ditetapkan pada nilai tersebut, anda akan mendapatkan harga beli IQD ini sangat mahal bisa 10 sampai 20 kali lipat karena banyak orang yang akan mencari IQD ini dan otomatis stok di pasaran akan menipis. Mumpung harganya masih murah dan belum banyak yang tahu, tak ada salahnya memilikinya dari sekarang.

Bagaimana jika Iraq memutuskan untuk mengubah mata uang mereka lagi...?

Kemungkinan besar ini tidak akan terjadi. Sangat mahal bagi sebuah negara untuk mengubah mata uangnya, dan jika tidak ada indikasi, ini tidak mungkin terjadi lagi. New IQD telah diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Iraq, dan telah mempersatukan negara ini di bawah satu mata uang. Terlalu mahal biaya yang ditanggung bank sentral dan pemerintah Iraq jika IQD ini diganti lagi. Bukan perkara mudah memperkenalkan dan menyosialisasikan IQD ini ke rakyat Iraq apalagi dalam kondisi perang. Itu belum termasuk IQD yang sudah tersebar ke seluruh dunia yang dimiliki oleh para investor yang melihat peluang besar IQD ini. Sudah tak terhitung jumlahnya IQD yang sudah dibeli para investor dari seluruh dunia. Banyak orang di Iraq sangat bangga pada mata uang mereka, karena merefleksikan banyak sejarah dan kekuatan penting di Iraq. New IQD juga merupakan suatu pengingat pada mereka bahwa Saddam telah keluar dari kehidupan sehari-hari mereka. Pada 2004, mereka mulai membuat pecahan yang lebih kecil, juga koin, untuk mendorong semakin meningkatnya nilai tukar IQD. Ini juga merupakan suatu konfirmasi tentang komitmen jangka panjang mereka terhadap mata uang ini.

Kapan uang ini bisa ditukarkan ...?

Saat ini belum bisa ditukarkan di bank maupun Money Changer karena memang belum diperjualbelikan di pasar uang internasional secara resmi. Tapi Jika pemerintahan Iraq telah menset exchange rate untuk dijual bebas di pasaran, Anda bisa pergi ke beberapa Bank Internasional atau Money Changer untuk menukarkannya (konfirmasi dulu ke bank/Money Changer).

Kira-kira bank apa yang mau menerima penukaran IQD ini...?

Bank internasional yang sudah masuk Iraq dan punya cabang di Indonesia adalah Hongkong Shanghai Bank Corporation (HSBC) dan Standard Chartered. Kedua bank inilah yang berpeluang besar menerima penukaran IQD pada tahap awal (konversi ke US$ dulu baru dikurskan ke Rp). Setelah itu baru disusul bank-bank lain dan Money Changer. Syukur-syukur kalau pada tahap awal, IQD ini sudah bisa ditukarkan di bank-bank lain dan Money Changer. Itu harapan kita semua :) Amin.

Bagaimana kalau di kota saya tidak ada HSBC dan Standard Chartered...?

Jika anda sudah tidak sabar ingin mencairkan Dinar Iraq anda, mau tidak mau anda harus mencari informasi dimana ada cabang HSBC dan Standard Chartered terdekat dari kota anda. Tapi jika anda mau bersabar, silakan tunggu sampai bank-bank lain atau Money Changer menerima penukaran IQD. Jika tidak ada cabang HSBC dan Standard Chartered sama sekali di kota anda atau yang terdekat, jalan terakhir adalah anda harus mencairkan sendiri di kantor pusat HSBC dan Standard Chartered di Jakarta atau untuk kawasan timur Indonesia setahu kami ada di Surabaya.

Tidak ada komentar: